Pedoman Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru 2018/2019

Pedoman Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru 2018/2019. Pada kesempatan kali ini, kami ingin membagikan informasi menenai Pedoman Masa Pengenalan Linkungan Sekolah bagi Siswa Baru di tahun ajaran 2018/2019. Dimana dana Pengenalan Linkungan Sekolah dulu dikenal dengan sebutan Masa Orientasi Siswa atau MOS. MOS sendiri sudah tidak dipakai sejak tahun 2016 lalu. Pedoman Masa pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 18 tahun 2016 tentang Pengenalan Linkungan Sekolah bagi Siswa Baru. Di dalam Permendikbud tersebut juga disertakan lampiran-lampiran yang berisi format-format pendataan siswa sejak awal masuk, silabus kegiatan Pengenalan Linkungan Sekolah, Hingga pada peraturan-peraturan yang ada pada kegiatan Pengenalan Linkungan Sekolah bagi Siswa Baru Tahun Ajaran 2018/2019. 

Pedoman Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru  Pedoman Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru 2018/2019

Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru Tahun Ajaran 2018/2019. Pada tahun ajaran baru 2017/2018 pelaksanaan Pengenalan Linkungan Sekolah sendiri dilaksanakan pada minggu awal masuk tahun ajaran baru. Pelaksanaannya sendiri dilakukan kurang lebih selama 3 (tiga) hari pada hari sekolah atau pada saat jam pelajaran. Apabila ada sekolah-sekolah yang melaksanakan di luar jam pelajaran mereka wajib melapor pada dinas provinsi atau kabupaten setempat. Biasanya sekolah yang menyelenggarakan Pengenalan lingkungan sekolah di luar jam sekolah adalah sekolah yang memiliki asrama atau sejenisnya. Namun, jika pelakanaanya ada yang sedikit berbeda dengan pedoman yang dikeluarkan oleh Mendikbud, maka wajib melaporkannya pada dinas pendidikan setempat. 

Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru di tahun ajaran 2018/2019 ini sangat berbeda sekali dengan pelaksanaan MOS pada jaman dahulu. Dimana pada kegiatan MOS sangat identik dengan perpeloncoan, penganiayaan siswa baru, ajang kekerasan terhadap siswa baru dan masih banyak hal-hal yang tidak positif lainnya. Bahkan setiap ada kegiatan MOS pasti terdengar kabar/ berita ada siswa yang pingsan hingga jatuh sakit. Bahkan juga ada yang orang tuanya sampai melaporkan ke pihak sekolah karena anak mereka diperlakukan secara tidak wajar di sekolah ketika awal masuk. Namun, semua hal itu sudah diantisipasi yang dilarang keras pada kegiatan Pengenalan Linkungan Sekolah di tahun ajaran 2018/2019 ini. 

Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh Siswa ketika masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Sekolah yang dimaksud adalah satuan pendidikan formal yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat dalam bentuk sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah mengengah atas, sekolah menengah kejuruan, sekolah pada jalur pendidikan khusus, termasuk satuan pendidikan kerja sama.

Tujuan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru:
  1. Mengenali potensi diri siswa baru;
  2. membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
  3. menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara elajar efektif sebagai siswa baru;
  4. mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya;
  5. menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memilki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.
Pengenalan Lingkungan Sekolah dilakukan dengan memperhatikan hal sebagai berikut:
  1. perencanaan dan penyelenggaraan kegiatan hanya menjadi hak guru;
  2. dilarang melibatkan siswa senior (kakak kelas) dan/atau alumni sebagai penyelenggara;
  3. dilakukan di lingkungan sekolah kecuali sekolah tidak memiliki fasilitas yang memadai;
  4. dilarang melakukan pungutan biaya maupun bentuk pungutan lainnya.
  5. wajib melakukan kegiatan yang bersifat edukatif;
  6. dilarang bersifat perpeloncoan atau tindak kekerasan lainnya;
  7. wajib menggunakan seragam dan atribut resmi dari sekolah;
  8. dilarang memberikan tugas kepada siswa baru berupa kegiatan maupun penggunaan atribut yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran siswa;
  9. dapat melibatkan tenaga kependidikan yang relevan dengan materi kegiatan pengenalan lingkungan sekolah; dan
  10. dilarang melakukan pungutan biaya maupun bentuk pungutan lainnya.
Penyelenggaraan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dilaksanakan oleh Guru dan dapat dibantu oleh siswa apabila terdapat keterbatasan jumlah guru dan/atau untuk efektivitas dan efisiensi pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah dengan syarat sebagai berikut:
  1. siswa merupakan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan/atau Majelis Perwakilan Kelas (MPK) dengan jumlah paling banyak 2 (dua) orang per rombongan belajar/kelas; dan
  2. siswa tidak memiliki kecenderungan sifat -sifat buruk dan/atau riwayat sebagai pelaku tindak kekerasan.
Apabila terjadi perpeloncoan maupun kekerasan lainnya dalam pengenalan lingkungan sekolah maka pemberian sanksi mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan pada Satuan Pendidikan dan peraturan perundang-undangan lainnya. 

CONTOH KEGIATAN DAN ATRIBUT YANG DILARANG DALAM PELAKSANAAN PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH 2018/2019

Pedoman Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru  Pedoman Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru 2018/2019

Contoh Atribut Yang Dilarang Dalam Pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah:
  1. Tas karung, tas belanja plastik, dan sejenisnya.
  2. Kaos kaki berwarna-warni tidak simetris, dan sejenisnya.
  3. Aksesoris di kepala yang tidak wajar.
  4. Alas kaki yang tidak wajar.
  5. Papan nama yang berbentuk rumit dan menyulitkan dalam pembuatannya dan/atau berisi konten yang tidak bermanfaat.
  6. Atribut lainnya yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran.

Contoh Aktivitas Yang Dilarang Dalam Pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah:
  1. Memberikan tugas kepada siswa baru yang wajib membawa suatu produk dengan merk tertentu.
  2. Menghitung sesuatu yang tidak bermanfaat (menghitung nasi, gula, semut, dsb).
  3. Memakan dan meminum makanan dan minuman sisa yang bukan milik masing-masing siswa baru.
  4. Memberikan hukuman kepada siswa baru yang tidak mendidik seperti menyiramkan air serta hukuman yang bersifat fisik dan/atau mengarahpada tindak kekerasan.
  5. Memberikan tugas yang tidak masuk akal seperti berbicara dengan hewan atau tumbuhan serta membawa barang yang sudah tidak diproduksi kembali.
  6. Aktivitas lainnya yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran.
Itulah tadi beberapa informasi penting yang terdapat dalam Pedoman Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru tahun ajaran 2018/2019yang dirujuk dari Permendikbud nomor 18 tahun 2016. Silahkan Anda download file Permendikbudnya serta beberapa lampiran mengenai peraturan-peraturan pada Pengenalan Lingkungan Sekolah, Silabus pelaksanaan, Format formulir pendaftaran siswa, serta beberapa atribut dan kegiatan yang dilarang saat pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah terdapat di dalam lampiran Permendikbud tersebut. Untuk mengunduhnya, silahkan klik link download di bawah ini: 

Link Download:

Sumber http://www.arsipguru.web.id/

0 Response to "Pedoman Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru 2018/2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel